SERBA SERBI UNISNU EXPO #3 - haiulya.com

28/04/16

SERBA SERBI UNISNU EXPO #3

Hay April, bentar lagi Mei nih. Udah siap dengan May Day belum? atau masih belum bisa move on dari April? hehe. eem... April, bulannya sih biasa aja. Tapi di Jepara, April jadi bulan-bulanan acara besar yang dihelat hampir sebulan penuh. Ga percaya?? Coba kita lihat agendanya, cuuussss....
Agenda Kegiatan Festival Kartini IV tahun 2016, seru yah (kayaknya) 


Selain bertepatan dengan hari jadi kota Jepara dan hari kartini, April juga menjadi bulan dies natalis satu-satunya perguruan tinggi di Jepara. Sejauh ini sih masih satu-satunya. Dari rentetan acara diatas, tak ada satupun yang saya ikuti. Don’t ask me why I didn’t join those agendas, I was sick for three weeks guys L. So, saya ga akan banyak bicara soal kegiatan yang dihelat oleh pemkab Jepara tersebut. Tapi kali ini saya mau mengajak para pembaca yang budiman (ceileehh ) untuk membahas seputar expo Unisnu yang ketiga kemaren. Ya, acara ini merupakan rangkaian dari peringatan dies natalis Unisnu yang ketiga tahun ini.
Pintu masuk UNISNU Expo, di halaman gedung Fakultas Sins dan Teknologi

Seperti expo pada umumnya, setiap kelompok mendapatkan satu stand untuk memamerkan produk masing-masing, dalam hal ini karya mahasiswa sesuai dengan prodi dan jurusan. Ada sekitar 17 stand yang disediakan panitia, namun beberapa terlihat kosong dan dijadikan tempat duduk pengunjung saja. Dari informasi peserta sih, katanya pemberitahuan kepada peserta cukup mepet sehingga persiapannya kurang maksimal. That’s why, banyak stand yang terihat apa adanya. But, so far, acara berjalan lancar dan ramai pengunjung.

Salah satu stand yang bikin saya nyess adalah stand anak-anak DKV aka. Desain komunikasi Visual dari Fakultas Sains dan Teknologi. Mungkin karena spotnya yang tepat di bawah pohon ya, jadi adem-adem gimana gitu. Saat masuk ke dalam stand, kita disuguhi degan karya anak-anak DKV yang saya bisa sebut “keren abis”. Mungkin sepuluh kali puteran stand pun ga akan ada bosennya, kalo pusing sih iya, hehe. Sayangnya saya ga sempet foto semuanya, saking terpesona sama mereka. Ini beberapa hasil jepretan saya, lebih banyak cek di instagramnya ya.

 View Stand DKV dari luar, mbaknya cantik yah :D
Trus Karya Tataning Bumi, masih di stand DKV

FYI, ini gergaji usang. Ga kebayang bentuk aslinya deh, buluk banget.
Tapi ini cakep. 

Gak tau apa maksudnya, tapi saya suka.

Nah, ini nih. ilustrasi masa depan yang (mungkin) akan sangat susah mendapatkan air bersih.
makanya, jangan boros ya gaiss...



Stand lain yang cukup fenomenal adalah jurusan Pendidikan Bahasa Inggris dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Mereka mengangkat tema ghost atau hantu. Jadi, di standnya itu ada beberapa dari mereka yang berdandan ala hantu gitu dan mereka bikin kayak studio kecil buat pengunjung yang mau foto sama mereka. Ih serem ya, tapi kreatif sih. Jadi bisa ketahuan kalo ada hantu lewat, berarti itu anak PBI.


The Ghost dari teman-teman PBI FTIK 

Eits, stand yang bikin baper juga ada loh, kok bisa ya? Ya bisa aja sih, stand dari Jurusan Al Akhwal Al Syakhsiyah aka. Hukum perdata Islam menawarkan jasa ramalan jodoh ala Islami. Banyak yang datang ke stand untuk sekedar meramal jodohnya, atau bahkan untuk menentukan gebetan yang akan ditikungnya, heu. Dari setengah jam saya di sekitar stand saja banyak pengunjung yang tertarik untuk meramalkan nasib percintaannya. Bahkan yang gokil lagi, ada yang meramalkan dirinya dengan beberapa nama teman dekatnya, “biar tinggal pilih”, katanya.
Stand ramalan jodoh ala Islami, liat tuh daftar hadirnya sampe penuh gitu :D

Di stand ini juga kita bisa menemukan aneka alat penghitung arah kiblat, waktu shalat dan tanggal lahir. Alat-alat yang disediakan sudah lengkap dengan rumus dan cara pemakaiannya, jadi cukup mudah digunakan bahkan untuk pemula. Dan adapula koleksi majalah dari teman-teman LPM Burs@ sejak tahun 2010 hingga saat ini. 
Alat pengukur arah kiblat dan tanggal lahir disediakan di stand Jurusan AS FSH

Di bagian lain juga dapat kita temukan stand yang tak kalah seru, ada yang dari jurusan teknik sipil, teknik informatika dan banyak lagi yang tak bisa disebutkan satu-satu (gak hafal soalnya hehe). Di bagian tengah juga terdapat panggung hiburan yang asik banget, diisi oleh teman-teman dari BandTa, USB dan beberapa pengunjung yang hadir juga ikut meramaikan panggung hiburan. Ini penampakan beberapa stand lain:




Panggung hiburan

Kalo gak salah, ini biasanya punya anak sipil. CMIIW



Expo yang diadakan setiap tahun ini, setau saya, bertujuan untuk mengenalkan masing-masing jurusan kepada masyarakat terutama para calon mahasiswa yang akan melanjutkan studi di Perguruan tinggi agar lebih mengenal berbagai jurusan yang  ada di Unisnu. Namun sejauh yang saya lihat, pengunjung yang hadir justru didominasi oleh mahasiswa Unisnu sendiri dan hanya sebagian kecil yang datang dari luar. Sayang banget ya. Get ready for the next Unisnu Expo, semoga tahun depan lebih seru dan lebih bagus lagi. 

Oh ya, kabarnya mau ada Manajemen Expo di bulan Juni, siap-siap ya gengs....



Sumber Gambar dari kamera sendiri dan koleksi LPM BURS@.