Meneguk Segarnya Manfaat Infused Water - haiulya.com

03/09/16

Meneguk Segarnya Manfaat Infused Water


Assalamualaikum...

Bagi sebagian orang yang memberlakukan gaya hidup sehat, infused water atau air infus bukanlah hal yang baru lagi. Air yang dibubuhi irisan buah dan bahan herbal ini diklaim memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Selain itu, kemudahan dalam membuat dan meraciknya pun turut memberi daya tarik tersendiri.

Metode infused water bukan datang dari Indonesia, trend ini mulai banyak didengungkan setelah seorang blogger luar negeri mengunggah tentang infused water berdasarkan pengalaman pribadinya. Dengan segudang manfaat yang ditawarkan, tentu saja banyak peminat yang mengikuti gaya hidup sehat yang mudah ini. Berikut beberapa manfaat infused water bagi kesehatan:

Memberi Sensasi Rasa Yang Unik Pada Air Mineral
Infused water, yang merupakan campuran air putih (mineral) dengan irisan buah tentu akan memiliki rasa yang khas dibandingkan dengan air mineral yang murni. Hal ini menjadi keuntungan bagi yang tidak suka dengan rasa air putih yang cenderung hambar dan tidak berasa. Sensasi rasa buah yang muncul dalam infused water dapat menjadi pilihan lain bagi yang tidak suka air putih dibandingkan harus meminum kopi, teh maupun minuman berperasa yang lain.


Membantu Proses Detoksifikasi
Beberapa jenis buah seperti lemon dan jeruk nipis diyakini mampu membantu proses pengeluaran racun dalam tubuh yang disebut dengan detoks. Campuran air dan buah dalam infused water dapat membantu mengopitimalkan proses detoksifikasi dibandingkan dengan hanya mengkonsumsi buah dan sayur secara langsung. Adapun pengeluaran racun dapat melalui urin, veses maupun keringat.

Melancarkan Pencernaan
Buah dan sayur memang menjadi andalan ketika terjadi masalah dalam pencernaan. Infused water dapat menjadi opsi yang tepat untuk Anda yang tidak punya banyak waktu untuk mengkonsumsi sayur dan buah. Meskipun begitu, masih sangat disarankan untuk tetap mengkonsumsi sayur dan buah secara langsung untuk hasil yang lebih maksimal.

Menyegarkan Dan Menjaga Daya Tahan Tubuh
Kandungan infused water yang merupakan kombinasi antara rasa buah dan bahan herbal mampu memberikan kesegaran yang ekstra dibanding meminum air putih biasa. Selain itu, kandungan antosianin dari pigmen buah pun mampu menjaga daya tahan tubuh.

Menurunkan Berat Badan Dan Antiaging
Selain beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh diatas, infused water juga mampu menjadi pilihan untuk menjalankan diet dan mencegah penuaan dini. Manfaat ini bisa didapatkan dengan memilih buah jenis tertentu untuk mendapatkan hasil maksimal. Namun demikian, mengkonsumsi buah dengan infused water dengan tujuan diet dan antiaging tentu harus dibarengi dengan penerapan pola hidup sehat melalui olahraga dan mengatur pola makan yang seimbang.

Cara Meracik Infused Water
Untuk membuat infused water sebenarnya sangat mudah dan tidak memerlukan banyak waktu dan tenaga. Hanya saja sangat perlu diperhatikan kebersihan, baik kebersihan buah maupun kebersihan wadah air yang akan digunakan.

Infused water dengan segudang manfaat yang dimiliki bukan berarti tidak bisa menjadi racun yang memakan tubuh kita jika tidak menjaga kebersihan selama proses pembuatannya. Adapun yang perlu disiapkan dalam membuat infused water adalah sebagai beriku:
  • Wadah air minum, bisa berupa botol atau gelas. Upayakan menggunakan wadah memiliki tutup dan tahan suhu dingin. Botol semacam ini dapat ditemukan di toko online maupun offline dengan harga terjangkau, sekitar enam puluh ribuan.


Sumber : Tokopedia.com

  • Buah yang telah dicuci bersih. Bisa satu jenis maupun lebih sesuai kebutuhan dan keinginan.
  • Air mineral.


Cara Membuat
  • Cuci bersih dan pastikan wadah telah steril.
  • Iris tipis buah-buahan yang akan digunakan, untuk beberapa bahan juga perlu dikupas agar tidak menimbulkan rasa pahit seperti jeruk. Tambahkan bahan herbal maupun bahan lain jika diinginkan.
  • Masukkan ke dalam wadah yang telah disiapkan. Tekan-tekan dengan sendok hingga sarinya keluar dan sedikit hancur (opsional), atau bisa dibiarkan saja.
  • Tambahkan air ke dalam wadah, simpan di lemari pendingin minimal dua jam dan maksimal dua belas jam. Ada banyak versi tentang waktu penyimpanan infused water, ada yang dua belas jam, dua hari bahkan ada yang satu minggu. Tapi untuk keamanan, aku lebih suka menikmati infused water yang disimpan maksimal dua belas jam saja.


Mudah, bukan?

That’s so simple, Mas Mbak. Gak perlu dibikin ribet ah. Sehat itu pilihan kok hehe.

Semoga bermanfaat dan tunggu ceritaku tentang infused water pertama yang kubuat. That was an awkward moment, and I stop cunsuming it for several time to take my tongue rest haha. Maklum, lidah ndesoooo :D


See yaaaaaa

6 komentar:

  1. Suka sama botol yang ada Bay Max ituu... :D
    #SalahFokus ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, beli aja mbak. Murah kok :)

      Hapus
  2. iiiih itu botol minumnya yang warna item lucu banget >_< Cari di toped ah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah mbak. Aku juga pengen beli, siapa tau bikin semangat :)

      Hapus
  3. Yag istiqomah infur water, aku acungi jempol deeeeeh. Btw, g plus sama site blog nya udah tak add ya mbaak, mari berteman :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba. Keren banget euy, saya aja susah :D
      Iya mba Ayaa, terimakasih sudah add, meluncuuurrr

      Hapus

Udah selesai bacanya?
Komentar yuk, siapa tau isi hati kita sama :)