Kopi, Gak Cuma Bisa Diminum Lho - haiulya.com

19/07/17

Kopi, Gak Cuma Bisa Diminum Lho



Aku mengenal kopi sejak balita. Dulu sewaktu masih diasuh simbah aku sering melihat beliau menumbuk kopi. Tak jarang pula aku mengikuti proses sejak dari panen buah kopi hingga menjadi siap saji. Enak, itu saja yang aku tau kalaitu. Karena kupikir semua kopi memang sama saja dan seperti itu semuanya.
Hingga pada akhirnya setelah menginjak dewasa aku tahu aa acara di televisi yang memahas tentang kopi. Terlihat bagaimana dunia kopi tak sesempit yang aku tahu selama ini, tak sesederhana yang aku lihat selama ini. dan sejak saat itu pula aku tahu bahwa kopi murni yang tanpa dicampuri apapun saat disangrai adalah lebih enak daripada yang tidak murni. Ckckck,,,,
Apalagi sejak saat aku mulai bertemu dengan banyak orang, most of them, menyukai kopi dan akhirnya aku lebih sering ikut minum dan kadang merasa butuh. ah,ikut-ikutan yang bikin nagih nih... hehe. Meskipun sudah berkurang karena sempat ada insiden migrain setelah ngopi dua gelas, dalam hal ini kopi asli. Semoga ndak terulang lagi, amin.
sebenarnya, selain di minum, kopi juga bisa digunakan untuk hal lain lhoh. Berdasarkan pengalaman, justru aku terbantu sekali dengan persediaan kopi di rumah. Meskipun sekarang sudah jarang minum tapi setidaknya aku tetap membutuhkannya. Lalu, apa aja sih kegunaan kopi selain untuk diseduh diminum?
Check it out:
Masker Wajah
Ladies, kamu suka pakai masker wajah? gak ada salahnya lho kamu pakai kopi untuk mengganti produk masker yang biasa kamu beli. Memang terlihat menyeramkan saat dipakai tapi hasilnya bikin tingkat kecantikanmu naik 20 persen, hehe. Masker kopi juga cocok untuk semua jenis kulit lho, aku sendiri sudah memakainya sejak sekitar tiga taun dan tak pernah ada efek samping apapun.
Masker kopi dapat memberikan efek tenang dengan aromanya yang khas. Saat diaplikasikan, akan terasa "trecep-trecep" di kulit wajah yang memberikan efek segar bahkan hingga setelah dibilas. Setelah dibilas, wajah akan terasa lembut dan kenyal serta terlihat lebih cerah dari sebelumnya.
Cara membuat:
Siapkan satu sendok makan kopi dalam wadah masker atau piring kecil.
seduh dengan air hingga mengental dan berbentuk seperti pasta.
Oleskan ke seluruh permukaan wajah kecuali mata, gosok-gosok sebentar selagi masih basah.
Tunggu hingga kering, lalu bilas.

Lulur Badan
Selain sebagai masker wajah, kamu juga bisa memanfaatkan kopi sebagai lulur badan. Manfaatnya banyak lho, selain bisa mencerahkan juga bisa membuang radikal bebas yang menempel di tubuh kita. Kalo aku sih lebih suka lulur kopi karena aroma khasnya dan harganya yang lebih terjangkau. Jika tidak ada kopi buatan sendiri, kamu juga bisa membeli di warung kok. Dari yang ukuran kecil harga seribu rupiah hingga yang berukuran besar. Cara membuatnya sama dengan cara membuat masker kopi , hanya saja perlu menambah sedikit ukuran sesuai yang kamu butuhkan untuk luluran.

Scrub Bibir
Selain untuk kedua hal diatas, ada satu hal lagi yang bisa dilakukan dengan kopi yaitu Scrubbing Bibir. Yups, jika biasanya scrub bibir dibuat dari gula dan madu atau minyak zaitun yang diaduk menjadi satu. Ternyata kopi juga bisa digunakan untuk scrub bibir lho. Kandungan manfaat yang ada di dalamnya mampu melembabkan bibir kering dan jika digunakan secara rutin juga bisa mengembalikan warna alami bibir.
Cara pemakaiannya, setelah kopi diseduh menjadi bentuk pasta oleskan pada bibir dan gosok perlahan hingga kamu bosan, eh, maksudnya hingga beberapa menit. Kalau aku biasanya dua menit sudah cukup. Setelah itu bilas dengan air hangat jika ada, jika tidak bisa menggunakan air biasa.

Itulah tadi beberapa kegunaan kopi selain untuk diminum. Ketiganya bisa dilakukan bersamaan ya, atau jika sedang buru-buru bisa pilih salah satu saja yang dianggap cukup penting. Kalau aku lebih prefer ke masker wajah dan lulur tangan aja, karena wajahlah yang pertama dilihat dan tanganlah yang pertama kali dijabat.
Jadi buat kamu yang gak suka minum kopi, tak ada salahnya mulai sekarang menambah daftar kopi di list belanjaan kamu. Tapi kopinya yang murni ya, bukan kopi susu ataupun yang sudah bercampur gula. Bisa dikerubung semut, hehe.
Kamu punya cerita lain tentang kopi? share yuk....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Udah selesai bacanya?
Komentar yuk, siapa tau isi hati kita sama :)