Antara Aku, Make Up Dan Video Tutorial - haiulya.com

17/11/17

Antara Aku, Make Up Dan Video Tutorial

Bagi sebagian wanita, make up adalah hal yang terpisahkan dari setiap helaan nafas. Baik wanita dewasa maupun yang baru menginjak dewasa, bahkan yang sok sok udah dewasa. Baik yang sudah bisa dan pandai bersolek maupun yang masih amatiran (sepertiku). Wajarkah? Tentu saja sangat wajar. Bukankah wanita memang tercipta untuk segala keindahan tersebut?. 

Pikiran asal-asalanku mengatakan tentu sangat wajar, lha kalo wanita gak pake make up kasian yang jualan bedak donk, bangkrut lah mereka!.

Aku adalah salah satu pengagum kecantikan yang tidak bisa mengaplikasikan, eh maksudku belum bisa. Berkali-kali aku menengok video tutorial make up di youtube demi dapat bermake up dan terlihat cantik, tapi nyatanya masih saja nihil. Aku tak bisa berdandan.

Biasanya aku hanya menggunakan pelembab, bedak dan lipstik untuk menyapu wajahku agar tak terlihat kuyu. Begitu saja setiap hari, ke kampus, ke tempat kerja, ke tempat hang out dan ke tempat-tempat lainnya. Sangat simple dan murah. Untungnya kulit wajahku bukan tipe yang rewel sering jerawatan maupun perlu perawatan ekstra, sangat menguntungkan bagiku yang agak malas melakukan perawatan rutin.

Musim Nikahan


Dalam penanggalan jawa, bulan safar diyakini sebagai bulan yang baik untuk menyelenggarakan hajatan maupun kegiatan tertentu. Salah satunya adalah hajat pernikahan yang saat ini bisa dibilang sedang musim di kotaku, Jepara. Dimana-mana selalu ada tenda biru ala nikahan. Apalagi di sosial media, timeline hampir penuh dengan foto-foto pernikahan dengan berbagai caption, status whatsapp dan dp bbm pun tak berbeda, isinya NIKAHAN semua. 

Bukannya baper, aku justru tergoda melihat dan mengamati riasan makeup para pengantin yang silih berganti menghantui timelineku. Semuanya cantik. Yaiya, namanya juga dirias pasti cantik. Kecuali kalo yang merias adalah mantannya calon suami, bisa jadi badut deh tuh pengantin perempuan. Setiap ada yang menikah, salah satu yang menjadi topik khas ibu-ibu adalah ngantene mangklingi ora?.

Ada keyakinan terselubung bahwa wanita yang suka berhias aka. Bermake up tidak akan mangklingi saat menjadi pengantin, pun sebaliknya. Mangklingi disini maksudnya adalah perbedaan yang mencolok dari pra dan pasca riasan. Ada yang wajahnya berubah menjadi cantik dan mempesona bak bidadari, adapula yang terkesan cantik namun biasa saja, tidak ada yang menarik. Aku tak tau apa yang ada dibalik semuanya, tapi yang pasti hal seperti itu ada di dunia ini. 


Tutorial Make Up dari Youtube


Berawal dari ketidaksengajaan saat mengecek perkembangan channel youtube yang berujung pada sebuah video tutorial make up yang aku lupa milik siapa. Aku bersama salah seorang teman kerja yang ekspert di bidang make up sepakat untuk membuat video dengan make konten make up. Setelah negosiasi yang cukup alot akhirnya aku yang menjadi objek eksperimen make up yang pertama kalinya ini. Agak takut sih, tapi penasaran juga gimana mukaku setelah dimake up nanti. Peralatan yang digunakan cukup sederhana dan seadanya. Bermodal kamera handphone dan tripod kami membuat video di jam istirahat kerja. 

Dengan memanfaatkan salah satu sudut di tempat kerja, video pun direkam dengan konsep seadanya. Harap maklum karena masih pemula, semuanya serba sederhana dan apa adanya. tentang hasil, wow... sungguh di luar ekspektasi. Tak bisa kuungkapkan dengan kata-kata. Lihat saja hasilnya.


 Video lengkapnya mari kita tonton di sini


Sejak saat itu aku seperti ketagihan berdandan. Tapi apalah dayaku yang hanya punya bedak, lipstik dan maskara. Harus sabar menunggu hari gajian untuk bisa sedikit bereksperimen, setidaknya aku bisa terlihat lebih cantik saat di kamera, huaahahaa. Dan sekarang hanya cukup menerima apa yang dengan modal dan make up seadanya sambil belajar dari para beauty blogger dan beauty vlogger di luar sana. 

Sekian celotehku yang tak penting tentang make up kali ini. semoga ke depannya lebih oke, tapi jangan pangling ya kalau suatu saat bertemu aku dan keliatan beda, haha. Kamu punya cerita tentang makeup? Share yuk!

17 komentar:

  1. Semangat-semangat
    Aku juga baru sekarang mulai menyentuh make up. Kemarin aku sampai ikut kelas make up bayaran dan kelas make up gratisan bermodalkan blog hahahha.
    Iya harga make up emang amhal yah, aku juga selalu membeli saat gajian *sedih

    BalasHapus
  2. Aku naksir bikin alisnya, hahaha. Mau garis wae bingung, kecoret-coret jadinya

    BalasHapus
  3. wuih, asyik sudah bisa bikin video tutorial make up, kalau aku zaman mahasiswi,cukup pake bedak, dandan pake lipstik seteah punya anak satu heuehe

    BalasHapus
  4. Wahhh hasilnya cakep mba. Natural banget dan gak menor.. Kudu di terusin ini eksperimennya.. Dan harus pny macem2 lipstik..wkwkwk

    BalasHapus
  5. wuih, enak nih, kpn waktu aku bisa nenggok, biar bisa dandan ya, hihihi

    BalasHapus
  6. Iya ya ampun make up itu bermacam jenis, belum skincare. Duh rasanya kalo gajian ga bakal nutup beli semua2nya hihihi. Kalo make up aku sukanya yang natural sih, yang biayanya insha allah masih minimalis juga ngahahah :(

    BalasHapus
  7. aku dari dulu ga bisa make up, paling ya pake bedak eh sekarang udah pakai cushion sama lipstik doang.

    BalasHapus
  8. Kebetulan saya bukan perias wajah si mba haha. Jadi tidak ada yg bisa di share. Tapi sepupu saya seorang make up artist.

    BalasHapus
  9. Semangat. Semakin banyak yang memberikan tips unik seputar make up. Pasti bikin wanita semakin tampil maksimal. Yang sederhana dan hari hari pasti banyak yang nonton dan suka kak :)

    BalasHapus
  10. Saya juga gak biasa dandan, Mbak. Kalaua mau ke undangan aja, baru dandan. Itu juga pakai peralatan seadanya. Riasan yang sederhana, karena memang gak bisa dandan hehehe

    BalasHapus
  11. Nah.. ngikutin tutorial itu gak gampang loh..karena mereka udah lihai...
    Pake eyeliner meleber kemana2...bikin alis..berasa ketebalan.. dll, duh..

    Harus sering latihan..

    BalasHapus
  12. tos mbak, kita sama, aku juga nggak pinter merias wajah. pernah sih dimakeup-in temen, etapi nggak bikin aku ketagihan pake make-up, justru ketagihan dimake-upin hahhahahaa... tetep nggak pinter make-up sendiri sih.

    BalasHapus
  13. asyik ya mbak kalau pandai make up. aku ada lho kenal dengan ebebrapa perempuan yang kalau dandan dan ga dandan itu bedaya 180 derajat mbak. beda pake banget, pokoknya bikin pangling

    BalasHapus
  14. Makeup memang candu banget mbak. Dulu juga aku malas main-main dengan makeup, pas nyobain sekali eh ketagihanlah 😂. Sekarang kalau gak bermakeup rasanya aneh gitu.

    BalasHapus
  15. Sama juga, aku punya make up lengkap itu semenjak jadi blogger, hasil godiebag aneka event, trus endorsean dr beberapa brand cosmetix hahahaah seneng deh jd blogger di ibukota. Alat make up untuk 3 bulan mah aman

    BalasHapus
  16. aku udah suka lipstick dari jaman kuliah tapi kalo make up sih setelah kerja dan punya duit sendiri baru deh bisa punya make up lengkap, itu pun cuma dikoleksi aja dipakenya mah jarang banget wkwk.. dan aku baru bisa bikin alis baru sekarang-seksrang juga loh mba gara2 seeing nontonin beauty vlogger hihi

    BalasHapus
  17. Perempuan itu makhluk yang cantik.
    Dan apalagi bisa make-up.
    Kaya kemarin pas sama mama mertua yang beliau memang gak punya anak perempuan lalu ke kondangan bareng, kami bisa saling pinjam alat make-up.

    Seruu...
    dan pasti bikin seneng udahannya.

    BalasHapus

Udah selesai bacanya?
Komentar yuk, siapa tau isi hati kita sama :)