3 Tips Menentukan Username Sosial Media

by - 09 September




Sebagai Generasi Milenial yang hidup di zaman Now, tentunya kita tak lepas dari yang namanya Sosial Media. Entah saat ini kamu sedang membaca ini sebagai teman melepas penatmu, atau karena asal klik dari link yang kusebar di sosial media atau kamu memang sedang mencari inspirasi untuk menemukan username yang pas untuk akunmu, semoga yang aku tulis kali ini bermanfaat.


Semua yang aku tulis disini berdasarkan apa yang aku alami selama ini dan ditambah beberapa referensi dari blog lain seperti ini dan ini


Tanya Username


Username merupakan hal yang cukup penting bagi pengguna media sosial. Selain sebagai identitas di dunia maya, username seringkali dijadikan patokan bagaimana gambaran diri pemilik username tersebut. Kalian tentu pernah bertemu dengan orang baru atau teman yang lama tak berjumpa lalu salah satu berinisiatif menanyakan akun media sosial. 

3 Tips Menentukan Username Sosial Media


Untuk saat ini, mungkin instagram yang masih menjadi andalan meskipun kadang facebook acapkali disebut. Nah, setelah diberitahu usernamenya, lalu klik tombol follow dan tak lupa minta follow back. Ini salah satu potret tanya jawab dan follow-followback yang mulus. 


Beda cerita dengan kisah dimana pemilik akun kesulitan menyebutkan usernamenya karena terdiri dari paduan huruf dan angka atau merupakan bahasa asing yang disertai tanda baca rumit. Yang ada, bukannya tertarik dan antusias, malah malas dan menyerahkan hpnya dan menyuruhnya menuliskan username dan mencarinya sendiri. Imbasnya, usernamemu akan mudah dilupakan dan ia malas mengingat kembali. Saking susahnya.


3 Tips Menentukan Username


Username itu seperti identitas kita di dunia maya. Kita berhak membentuk diri kita dengan karakter yang kita inginkan menggunakan Username tersebut. Username yang baik tentu yang mudah diingat dan memiliki karakter kuat. Berikut 3 Tips Menentukan Username:


Relevan / Nyambung


Pilih Username yang nyambung dengan nama asli kamu, atau dengan karakter yang akan kamu bawakan dalam akun yang kamu gunakan. Hal ini tentu tidak berlaku bagi akun anonim. Akun anonim bebas pilih nama dan bebas ngapain aja, Terserah!. Kembali lagi ke kamu yang bukan anonim, tentukan nama yang menggambarkan dirimu atau setidaknya mengandung nama aslimu. Misalnya, namamu adalah Adi Musdalifa maka pilihan nama yang bisa kamu gunakan adalah Adi Musda, Amusda, Adi MS, atau mungkin Adifa. 


Atau jika namamu adalah Adi Musdalifa dan kamu adalah seorang pejuang skripsi yang tentunya akan membuat akun tentang perjuangan para mahasiswa tingkat akhir, maka pakailah nama yang bisa mengejawantahkan tujuanmu. Tak harus sempurna, yang penting ada unsur mahasiswanya.


Sebut saja @haiulya sebagai contoh, semua akunku menjadi tempat curhatku. Dari blog, facebook, twitter hingga instagram menjadi tempat curahan hatiku. Jadi semuanya memakai namaku yang dimodifikasi sedemikian rupa agar terlihat menarik (meskipun aku tak tahu apakah memang menarik atau tidak) dengan tambahan kata “hai” didepannya. Berharap menjadi identitas dan mudah diingat jika aku hilang nanti.


Unik Dan Mudah Diingat


Username tak perlu menggunakan nama panjangmu sepenuhnya. Buatlah keunikan dari nama yang kamu punya. Semakin sedikit semakin menarik, dan tentunya mudah diingat. Jangan sampai kita sendiri lupa dengan Username kita seperti kasus di atas. Sebagai salah satu referensi bermedia sosial, Prabusakti adalah salah satu influencer yang berhasil membuatku eksis hingga saat ini. Racun yang beliau berikan membuatku selalu penasaran dengan apa yang ada di dunia maya.


Salah satu yang paling kuingat adalah tentang bagaimana memilih Username yang tepat, yaitu:


  •  Gunakan maksimal dua kata
  •  Hindari penggunaan tanda titik (.) atau underscore (_)
  • Samakan semua username meski berbeda platform

Ketiga hal ini adalah standar ideal sebuah username. Apakah jika tidak seperti lalu dicap tidak menarik atau tidak boleh digunakan?. O.. tentu saja tidak. Bebas aja, kok. Standar setiap orang kan berbeda.


Alhamdulillah aku bisa menerapkan semuanya dan memang aku akui lebih mudah saat menggunakan username untuk beberapa kebutuhan. Misalnya saat ditanya teman, saat mengisi form ataupun saat ada job yang mengharuskan pencantuman username Sosial Media.



Samakan Username di berbagai platform


Langkah ini sebenarnya berlaku bagi kamu yang setuju dengan tiga langkah di poin kedua; menyamakan username di semua platform. Hal ini untuk menghindari adanya miss dalam pengejaan username yang berakibat pada tidak tepatnya nama yang diketik dalam kolom pencarian.


Setidaknya cek dulu ketersediaan Username yang akan digunakan di beberapa platform Sosial Media yang akan dipakai, misalnya facebook, twitter, instagram, path dan sebagainya. Simplenya, jika ditanya orang “apa nama akun kamu?”, tinggal jawab aja “at haiulya”, dan ditambah “semua akun aku pake username itu kok. Cari aja”. 


Selain itu, username yang sama akan lebih memudahkan kita saat mengisi form atau apapun yang meminta username kita. Tak perlu cek sana sini, langsung aja ditulis. Kan sama semua. Selain itu juga terlihat lebih rapi. Kebetulan aku sudah mengaplikasikannya dan begini penampakannya jika ditulis:







Gampang banget diingat kan?. Kalo gampang diingat kaya gini kan jadi makin semangat sharing dan bersosial media. Soalnya nama kita mudah diingat baik oleh kita maupun orang yang mengikuti kita.



Nah itu tadi 3 Tips Menentukan Username Sosial Media dari aku. Semoga bermanfaat dan Happy Blogging. 






You May Also Like

40 komentar

  1. Ntap, setuju nih mbak.. Paling susah kl baru kenal orang trus mau follow2an, eh dianya pakai username yg ada tanda . atau _
    Ribeeet, eheheh

    BalasHapus
  2. hehe semua username sosmedku namaku sendiri. lebih gampang diinget 😄
    Ada tuh temenku pake username pake karakter angka digabung dgn tanda _ atau - atau . wadddooowwww
    Eniwei... Aku suka nih blognya putih bersih rapih. 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syukur deh kalo udah sesuai nama.Makasih mba,masih belajar bikin blog rapi nih. :)

      Hapus
  3. tipsnya boleeh juga nih buat yg pusing dan belum nemu username apa yg cocok buat sosmednya.. kalau semua sosmedku semua mengandung nama asliku gitu hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama aku juga mbak. Yang penting ada kata ulya-nya.hehe

      Hapus
  4. haha boljug nih tipsnya. Kalau gw sih sudah trademark unggulcenter dimana2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, bagus juga sih kalo udah kesebar dimana-mana. Jadi mudah diingetin.

      Hapus
  5. iya tuh, kalau sama di semua platform teman-teman jadi ga susah nyarinya, terus kala dia follow duluan kita bisa langsung folbek karena sudah tahu sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi sepakat sih soal username yang mudah diingat. Tapi punyaku terlanjur pakai _ nih

      Hapus
  6. Emang kenyataannya lebih mudah diingat ya kalau semua akun medsos sama username-nya. Punyaku yg beda akun FB, paling tua usianya tuh. Hehe. Yang lain semua @dekamuslim :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba. Nama yang simpel dan sama di semua platform lebih oke.

      Hapus
  7. aku juga mencoba seperti itu kak, sekarang sudah ada 2 nama untuk masing masing platform. satu khusus pribadi lainnya buat pencitraan dan nyari makan hahahaha

    BalasHapus
  8. Tips nyaa boleh juga mba :D

    BalasHapus
  9. Medsosku hampir semua sama dan emang harus disamain. Biar kalo dapat job yg ngasih gak bingung, hehehe

    BalasHapus
  10. Serius deh username yg ribet itu suka bikin aku males search, add atau follow. Hahaha

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  12. zaman dulu ngetrend lho user name ribet pake _- dan lain2. skrg ga lagi ya

    BalasHapus
  13. Wah terlanjur usernameku pakai _ semua:( ya nanti kalo ada medsos baru deh aku praktekkan. Soalnya yang namanya Dian banyak banget euy

    BalasHapus
  14. Branding diri banget yaa...
    Bener inih...ga perlu mikir lama siih....aku dulu langsung pingin nama lendyagasshi.
    Hahha....karena akun sosmed lain udah terlanjur pake nama panggilan jaman sekolah, jadi gak kembar.
    Hiiks~

    BalasHapus
  15. Keren mbak. Ini yang bikin nyesel nama twitter ku dan IG dibedakan dengan "." dan "_" abisnya di twitter gak bisa pakai "." hiks. Tapi msh related sih. Jd kepikiran kapan2 bikin satu akun lg TFS :D

    BalasHapus
  16. Kalo masih alay biasanya pake underscroe, kalo dah lumayan tua baru saya sadar justru penggunaan yang gituan malah jadi merepotkan hahaha

    BalasHapus
  17. Kalo aku sih milih yang simpel tapi unik dan mudaj diingat gitu, pengalaman nyari yg agak susah malah pada susah nyarinya, dulu pernah madrfau jadi marfa.doc aja XD yah promosi dehh wkwk

    BalasHapus
  18. Wuiiih hai ulya.. sama banget denganku . Namaku kepanjangan jadi kalau divikdi username itu nggak keren jadinya.. akhirnya aku pakai hellofika disemua akun sosmedku.. mudah diingat bukan?

    BalasHapus
  19. nentuin nama sosmed itu gampang-gampang susah ya mbak. aku mikirnya lamaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa...................pake banget itu

    BalasHapus
  20. Sepertinya untuk penggunaan nama di username, aku perlu mematikan penggunaan karakter underscore (_) deh. Emang gak berfaedah dan cenderung terkesan fake. Hmmmm. Mari kita lihat aja deh kelak.

    BalasHapus
  21. Nama Twitter dan Emailku alay. Duh, gimana dong. Hehe. Aku setuju dg semua tips di atas. Ketika kita menyebutkan nama akun, itu seperti kita mengenalkan diri sendiri seharian lamanya karena sebagian besar dari kita berbagi di medsos.

    BalasHapus
  22. Nama sosmed sama semua siih...
    Hanya alamat email yang eemm...alay gitu...

    Mau ganti, semua sosmed uda terlanjur pakai alamat email itu.
    Heuuheu~

    BalasHapus
  23. wah sama mba. semua akun sosmed saya juga @tomipurba silahkan di add dan follow ya aihihii..
    dari 3 tips diatas, yang penting tentukan tujuan membuat akun sosmed untuk apa, kalau emang untuk personal branding mending pake nama sendiri tp kalau untuk hal lain mending disesuaikan

    BalasHapus
  24. Alhamdulillah nya nama saya pendek banget jadi gak bingung kalo mau bikin username. Yang penting unik dan gak ribet terus mudah diingat heheh

    BalasHapus
  25. sangat setuju sih, saya membuat akun sosmed menggunakan nama asli, biar ngebranding secara personal mbak... seluruh akun saya @sabdaawal

    BalasHapus
  26. Memilih user name ini kadang jadi musuh saya ketika create akun baru, karena terkadang apa yang saya mau ternyata sudah lebih dulu dipakai orang lain, hiks.

    BalasHapus
  27. Sayangnya nama akun sosmed saya masih beda beda hehehe

    BalasHapus
  28. Kalau aku memang sengaja samain semua nama sosial media aku. Supaya matching semuanya.

    BalasHapus
  29. Untungnya punya username yang sama di semua sosmed

    @NifQi

    BalasHapus

Udah selesai bacanya?
Komentar yuk, siapa tau isi hati kita sama :)