Resep Ikan Asap Sambal Kecap Andalanque

by - 27 Agustus

Ikanasap

Sejak kedua temanku mulai bekerja di luar rumah dan aku yang menjadi penjaga rumah, aku jadi lebih banyak menghabiskan waktu sendiri. Imbasnya, jadi semakin banyak waktu untuk makan saat tak ada yang dilakukan. Heheu.

Bahkan, beberapa minggu lalu berat badanku sempat naik. Ya, karena aku banyak makan. Bentar-bentar, makan. Dikit-dikit, makan. Dan entah kenapa aku jadi doyanan makanan apapun, apakah aku sudah menjadi omnivora? Apapun itu, aku tetap senang karena masih bisa makan dengan lahap. Dan itu artinya aku masih diberi kesehatan oleh yang maha kuasa.

Kegiatan yang monoton membuatku mudah bosan dan merasa waktu berjalan cepat sekali. Alhasil, aku jadi mudah lapar. Sedikit "wagu" tapi emang gitu koook, aku jadi sering laper akhir-akhir ini. Sayangnya, mulutku jadi makin manja karena harus milih-milih makanan. Sayangnya lagi, aku turutin semuanya. Lha kok jadi banyak sayangnya, jangan baper ya.

Banyak Pilihan Lauk

Sebenarnya, di sekitar sini banyak sekali penjual sayur. Dari yang mangkal pagi-pagi sampai yang keliling di siang hari. Dari yang masih mentah sampai yang sudah matang dan tinggal makan aja. Jadi, menu makanan adalah hal yang cukup mudah dipenuhi. Yang penting bisa masak dan tau caranya.
Yaaah, Gosong deh

Tapi, sekarang hal semacam itu sepertinya tak sulit lagi ya. Semua informasi sudah bisa diakses melalui genggaman tangan. Apapun bisa didapatkan melalui smartphone. Tapi skill tetaplah skill, apapun resepnya, kalau memang tangannya kurang terampil rasanya akan tetap pas pasan. Seperti di post aku sebelumnya,......

Akhirnya aku jadi sering memilih masakan yang enak namun simple. Lebih bagus lagi jika gizinya lengkap. Salah satu masakan simple pilihanku adalah olahan ikan asap. Selain karena aku lebih suka ikan (dibanding ayam), harganya juga lebih murah dan bisa dibeli satuan. Selain itu, ikan asap juga lebih awet dan tidak berbau amis seperti ikan segar. Maafkan tukang masak pemula yang masih sungkan dengan bau amis ini. 😂


Balada Ikan Asap

Ikan asap yang harganya lebih murah dan jauh dari amis ini banyak sekali pilihannya. Bahkan di Jepara banyak sekali sentra pusat produksi ikan asap. Kalau mau yang terbukti segar ya bisa langsung datang ke lokasinya. Biasanya aku cari di daerah Demaan, kec. Jepara. Atau saat pulang ke rumah bisa pesan ke pamanku yang berjualan ikan asap keliling. Beliau mengambil langsung dari para pengasap (eh, bener ga sih ini nyebutnya) di desa. 

Jika tidak bisa mendapatkan yang segar langsung dari pengasappun sebenarnya tak perlu khawatir. Karena konsep pengasapan ikan memang diatur sedemikian rupa agar ikan tetap bisa dimakan dalam waktu yang cukup lama. Mengulur waktu, istilahnya. Tentunya dengan citarasa yang berbeda dan lebih menggoda. 

Tentang harga, harga dari pengasap memang jauh jauh jauh lebih murah dibandingkan setelah dijual di warung. Apalagi di warung dekat kota seperti tempat tempat tinggalku. Harga yang dibandrol pun tergantung ukuran dan jenis ikan yang digunakan. Mulai dari 2.500-8.000 rupiah per biji untuk di sekitar kota sudah terbilang murah. Tapi di kampungku, aku bisa mendapatkan 4 biji ikan asap dalam satu bungkus dengan harga 6.500 rupiah. Beda tempat, beda harga, beda pula jenisnya. 

Olahan Ikan Asap Andalanque
Aku sudah pernah bilang kan kalau aku tak bisa masak enak. Semuanya masih dalam tahap coba-coba yang banyak gagalnya. Oleh karena itu, aku jadi jarang masak karena takut gak enak. Ahaha, alasannya gak masuk akal ya. Tapi begitulah adanya. 

Tapi (lagi), aku tetap berusaha memasak untuk makan. Tak sehat juga kalau jajan terus-terusan. Masakan pilihanku tentu yang simpel, mudah dan dengan bumbu yang tak terlalu banyak. Ya, paling tumisan yang bumbunya cuma cabe, bawang merah dan bawang putih yang diiris tipis lalu ditambah garam dan gula. Selain itu, sambal juga menjadi pilihan lain yang menjadi pelarianku. Sambal apapun, sambal tomat, sambal terasi, sambal kecap atau sambal plelek. Sesuai dengan bumbu yang tersedia  di dapur.

Yang menjadi salah satu andalanku adalah Sambal Kecap. Bahannya mudah didapat, tak perlu nguleg dan bisa dikombinasikan dengan lauk apapun. Kali ini aku akan berbagi Resep Ikan Asap Sambal Kecap plus Tempe Bakar yang selalu jadi pilihanku saat lapar dan malas memasak macam-macam.

Bahan-bahan:
1 potong/ekor ikan asap
½ papan tempe, potong agak besar
3 siung bawang merah
3 buah cabai
garam secukupnya
lada bubuk secukupnya
kecap secukupnya

Cara Membuat:
1. Hangatkan Ikan Asap di atas panggangan (aku potong dua karena untuk dua kali makan).
2. Panggang Tempe di atas panggangan setengah matang. 
3. Iris tipis cabai dan bawang merah, masukkan dalam mangkok tambahkan garam, lada dan kecap secukupnya. Aduk hingga rata.
4. Tuangkan bumbu diatas Ikan Asap dan Tempe Bakar secukupnya. Selesai.








Wew, simpel banget kan? Emang iya. Ini adalah menu andalanku saat sedang malas memasak berat. Asal ada persediaan Ikan Asap, hayuk aja masak kaya gini. Simpel dan enak. 


Ini resep Ikan Asap Andalanku. Kamu?

You May Also Like

42 komentar

  1. pasti enak yah mbak, tapi ngomong-ngomong foto jadinya mana mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ebak banget mbak.
      Foto sudah ditambahkan, yha. Hehe

      Hapus
  2. Accu salah satu penyuka ikan mbaaa,, ada resep ini jadi pengen nyoba nih ngiler hihihi

    BalasHapus
  3. woh, cukup beda ya sama di Lumajang.
    kalau di daerahku, nyebutnya bukan ikan asap, tapi iwak pe atau iwak panggang.

    cara mengolahnya pun juga beda. biasanya aku dibumbu merah atau bumbu kecap.
    kalau yang dibakar kayak punya mbak Ulya sih belum pernah, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ikan pe itu sebutan untuk ikan Pari dalam bahasa Jawa, mbak. Kalau diasap jadinya ikan pari asap, CMIIW.

      Hapus
  4. Sederhana dan mudah membuatnya, harganya juga terjangkau ya. Saya pun lebih suka ikan dibandingkan dengan ayam, tetapi perlu lebih cerdas dalam mengolahnya dari bau amis. Bisa ditambah perasan jeruk nipis, jika berencana menggunakan ikan segar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, iya ya. Sayangnya aku malas dengan bau amis dari ikan segarnya. JAdi lebih suka ikan asap.

      Hapus
  5. hahaha ini mah ember gampang banget hihi.. lebih simpel lagi beli aja kecap yang udah ada cabenya :D :D tinggal cocol

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahahha, cari enaknya aja itu sih. Tinggal tuang dan cocol.

      Hapus
  6. Walaupun simpel tapi kalau dilihat, ikannha cukup menggoda lidah saya nih mba hehe.. ternyata kalau dilihat gampang juga ya masaknya mba.. mungkin kapan2 saya coba praktekan ah

    BalasHapus
  7. sayang sekali aku enggak doyan ikan tapi bisa sih dicoba buat masakin calon suami yg doyan bgt ikan. hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aseeek. Nikmat banget bisa masakin buat suami, tapi ga bisa ikut makan.

      Hapus
  8. Paling suka praktekin resep masak sederhana dan ngga pake repot tapi hasil dan rasanya maksimal serta bikin nambah makan. Duhcocok banget buat anak kos nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya banget, Bahannya juga gampang didapetin,

      Hapus
  9. Ikaaan asaaap...
    Aku suka banget.

    Kalau pulang ke Surabaya, mama mertua atau Ibuku suka bekelin aku Bandeng Asap.
    MashaAllah, nikmat tiada tarraa...
    Dimakan bareng nasi hangat dan kecap potongan cabe.

    Huumm~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, aku malah belum pernah makan asap bandeng,

      Hapus
  10. Sedepnya.... Langsung lapar. kok ya pas jam 11.18 gini. Jam kritis.
    Aku kurang suka sambel kecap, tapi anak-anak suka dan sering bikin sendiri. Ibunya cuma nunut maem. Wkwkwkwk....
    Asal ada tomat dan kecap (krn cabai selalu ada), mereka sudah survive sendiri bikin masakan sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dimakan langsung tanpa sambal pun enak, Mbak. Wah... anak-anak udah siap dewasa kasyaknya.

      Hapus
  11. Simple tapi bikin makan banyak ini mah hehehe..btw kalau di sini jarang ada yang jual ikan asap, adanya ikan asin

    BalasHapus
  12. ditempatku namanya ikan panggang. aku juga sering beli ikan ini. kadang aku masak dengaan santan. sebenarnya makan gitu aja pake sambal kecap udah enak ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Terakhir aku masak pake santan dan masih percobaan, nanti aku post deh kalo udah berhasil.

      Hapus
  13. Bumbunya simple tapi rasanya pasti enak. Karena sambal kecap juga jadi sambal favorit di keluarga saya. Sayangnya di daerah saya jarang yang jual ikan asap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Enak banget. Sini sini kalo mau banyak asap, eh.

      Hapus
  14. nah kan, aku tuh suka makanan jenis ini. bahkan biasanya kalau sedang akalap aku makannya ga pake nasi heheeee....makan ikannya aja

    BalasHapus
  15. Simpel banget Mbak. Mudah dan enak bergizi tinggi tentunya. Itu pembakarnya apik ketoke

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Bener. Enak dan bergizi serta mudah. Pembakarnya yang bulat ya?

      Hapus
  16. manteb pakai sambel kecap ya mbak :D
    Aku suka makanan kyk gtu tapi biasanya aku jg makan pakai lalap sayur gtu. Trus minumnya teh dingin, hahaha jd laper.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harusnya sih gitu. Ada temen lainnya. Tapi kan ini edisi praktis dan simple. HEhe

      Hapus
  17. Gampang dan enak banget pastinya, bikinnya cepet pula, hahaha

    BalasHapus
  18. Cuma dicocolin Ama kecap manis ane irisya..mba, tapi sedap..

    Kalau didaerahku terkenal dengan ikan Sakai..enaknya di gulai pedas sama pakis..atau daun singkong..enak banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah boleh juga tuh. Secepatnya aku cobain.

      Hapus
  19. Kayanya nikmat banget ini ikannya. Mau aku coba deh. Semoga ada jalan buat bikinnya. Hahah

    BalasHapus
  20. semudah mudahnya masak mesti ada sesuatu juga yang harus kita korbankan, gak pernah bakat buat masaknya sih hahahaa

    BalasHapus
  21. resep terbaik sepanjang masa ini mbak.. hahahah kalau dilihat dari gambarnya cukup enak kelihatanya

    BalasHapus

Udah selesai bacanya?
Komentar yuk, siapa tau isi hati kita sama :)