5 Tips Menjadi Admin Sosial Media

by - 06 Oktober

DISCLAIMER : JUDULNYA SIH SOSIAL MEDIA, TAPI PERCAYALAH DI ARTIKEL INI YANG DIBAHAS CUMA INSTAGRAM AJA

Tahun lalu, aku berkesempatan bertemu dengan para admin media sosial di Jepara. They were so cool, karena kebanyakan dari mereka berjalan sendiri tanpa dukungan pihak lain. Paling pol ya dukungan teman sepermainan buat bagi job jadi admin saja. Setiap admin memiliki gaya yang berbeda dalam mengelola akunnya, namun tak sedikit pula yang memiliki motif hampir sama dalam pemilihan kontennya. 

Apapun itu, aku tetap kagum pada totalitas mereka. Aku sendiri sudah tahu bagaimana rasanya menjadi admin sosial media yang seolah menjadi pekerja di lini akunnya sendiri. Post-nya banyak dikagumi, namun khalayak tak pernah tahu siapa dibalik feed indah dan menarik tersebut. Waktu itu aku menjadi admin akun instagram dengan feed quote simple yang baper dan menyasar anak muda. 


Apakah aku dibayar? Tidaque!
Apakah ada yang menyuruh? Tidaque!


Semuanya berjalan mulus semulus jalan yang baru diaspal. Waktu itu aku masih sangat legan dengan kegiatan yang minim. Jadi harap maklum jika aku punya banyak kesempatan untuk berpikir pakai perasaan. Hingga pada suatu ketika akunku kena hack orang tak dikenal. Sempat down karena akun dengan followers 21k raib seketika. Waktu itu rasanya sedih banget, banget, banget. Seperti ketika patah hati, mungkin lebih.


Setelah beberapa waktu vacum dan memulihkan keadaan, akhirnya aku bisa bangkit lagi. Dengan konten lama yang dipost ulang ternyata masih banyak penggemar akun lamaku yang ingat dan kembali memfollow akun baruku. Hingga akhirnya waktu berjalan, interaksi lancar dan follower mencapai 11k. Wow, aku kembali stabil dong ya.
Lalu berhenti. Kenapa?


Kesibukanku seperti menjadi palang untuk berhenti melanjutkan pengembangan akun ini. Masalah finansial pun membuatku memilih fokus mengurus akun lain yang lebih menghasilkan pemasukan. Hingga singkat cerita, akun tersebut kujual dengan angka yang cukup lumayan. 



Lalu, bagaimana menilai sebuah akun populer atau tidak?
Tentang indikator seberapa populer akun hingga saat ini masih belum kupahami betul. Namun diantaranya adalah jumlah follower, isi konten, impresi serta kedekatan dengan followers. Setiap orang maupun pihak punya acuan tersendiri untuk menentukan kepopuleran akun. So, jika followermu sedikit namun kontenmu bagus dan impresinya oke, bisa aja kok disebut populer. Tak ada salahnya juga belajar tentang kekuatan # dan keyword. 

5 Tips Menjadi Admin Sosial Media


Baiklah, lupakan sejenak tentang ceritaku yang tak penting tadi. Sekarang waktunya ke inti artikel sesuai judul di atas. Semoga cocok untuk kamu yang ingin memiliki akun anonim yang berkualitas dan mungkin juga menghasilkan income. Beberapa tips ini berdasarkan pengalamanku selama ini, baik selama menjalani aktifitas sebagai admin maupun selama memantau aktifitas para admin. Check it out: 


1. Pilih Konsep

Salah satu hal yang penting untuk diperhatikan dalam membuat akun sosial media adalah konsep/tema yang akan dijalankan. Misalnya, gambar humor, quote humor, quote bijak, kisah inspiratif atau yang lainnya. Selanjurtnya, konsep ini harus dijadikan acuan untuk memilih konten yang akan dipost agar followers menentukan pilihannya sesuai yang diinginkan.

2. Sesuaikan dengan kegemaran

Masih terkait konsep atau tema, tak perlu jauh-jauh dari kehidupan harianmu. Jika suka dengan hal lucu, buat saja akun humor. Jika suka fotografi, buat saja akun fotografi. Jika suka dengan konten berbau agama, buatlah konten dengan nilai agama. Cukup mudah, bukan?

3. Follow/tag/komentari akun senior

Berdasarkan konsep yang telah dipilih, tentu kamu bisa menentukan akun mana saja yang memiliki konsep sama dengan akun yang sedang kamu kelola. Biasanya jumlah followers serta fans realnya sudah banyak. Manfaatkan fitur tag/komentar/mention kepada akun tersebut. BIsa juga dengan menyapa secara halus via DM dan meminta untuk repost agar followersnya mengetahui keberadaan akunmu yang sedang menunggu difollow.


4. Buat Konten Orisinil

Dengan modal konsep dan bantuan akun senior, mungkin bisa dengan mudah mendapatkan perhatian netizen. Tapi netizen yang pintar dan budiman tentu tahu bagaimana memilih konten yang pantas untuk diikuti. Aku sendiri lebih suka konten yang orisinil dan belum pernah kutemui di akun lain. Istilahnya, memiliki keunikan tersendiri.

5. Sadar Posisi

 Sebagai admin, kamu hanya sebagai pemegang kendali jalannya akun yang dikelola. Isi yang ditampilkan adalah buah dari olah pikiran yang dibalut sedemikian rupa sesuai konsep yang ada. Tentang siapa adminnya, siapa orang dibalik konten bagus yang menjadi bahan pembicaraan, biarlah orang tak perlu tahu siapa dan dimana keberadaannya. Cukup perkuat karakter akunmu dengan konten yang berkualitas, karena kamu bukan selebgram. Tak perlu panjat sosial dengan nebeng tenar di akun milik sendiri.

Nah, itu tadi beberapa tips untuk kamu yang berminat membuat akun sosial media dengan konten khusus. Sangat sedikit, memang, dan sangat mungkin untuk ditambah. Aku sendiri untuk saat ini, masih senang bereksplorasi dengan akun pribadiku sendiri, sudah tahu kan? Untuk yang belum tahu bisa cek di sini:


FB : https://www.facebook.com/haiulya
TW :
https://www.twitter.com/haiulya
IG :
https://www.instagram.com/haiulya


Sekian dan Happy Blogging!

You May Also Like

37 komentar

  1. Bisa dapetin followers segitu banyak butuh waktu brp lama mbak?

    BalasHapus
  2. yang teerpenting dalam social media management adalah creative content dan menjaga engagements juga reputasi yang baik ya..
    dan yang gak kalah penting itu kerja tim
    hehehe

    BalasHapus
  3. wuaah aku suka tipsnya. memang konsisten dan kreatifitas itu harus terus ngalir ya kalo mau mempertahankan eksistensi sebuah akun sosmed. oiya aku juga pasti akan nyesek bgt itu kehilangan akun yang followersnya udah banyak apalagi kalo susah payah membangunnya

    BalasHapus
  4. Wah yg no 5 itu jleb banget deh, penting banget itu yg namanya sadar posisi yak, biar semua tetap berjalan 'wajar'

    BalasHapus
  5. wuah iya tuh, harus sadar posisi
    biasanya aku nggodain temen2 admin medsosku, mereka numpang tenar gak? misal follow akun pribadinya gitu. ternyata enggak, mereka tetap rendah hati

    BalasHapus
  6. Aku sebenarnya pernah jg sih jadi admin sosial media. Cuma, di Twitter. Kalo main IG, belum jago edit2 foto nih. Hahahaha. Dan, tentunya sih, masalah terbesar lainnya adalah konsistensi dalam ngepost. Kira2 haruslah tiap hari atau ada batasan gitu maksimal ga ngepost brp hari biar engagement bagus?

    BalasHapus
  7. 11K, 21K, wah itu banyak banget kak. Aku mau belajar biar bisa begitu juga. Daebak, kak Ulya, keren banget ini.

    BalasHapus
  8. Iya tuh, harus sesuai dengan Hobi atau kegemaran kita, kalau ga bisa bosan dan ga ada ide

    BalasHapus
  9. Aku mandek adminin akun sosmed komunitas. Kebanyakan akun pribadi sih, hahaha. Entah ya tahun depan

    BalasHapus
  10. Iyes.... aku juga praktekin untuk akun pribadi. yang paling penting isinya harus orisinil hehehe biar banyak yang dapet pencerahan

    BalasHapus
  11. Lagi-lagi konsep ya mbak, biar terarah dan lebih kokoh.

    BalasHapus
  12. Kadang mendadak jumlah follower meningkat yaa...
    hanya gegara kita posting dengan hastag yang pas.

    Dan ilmu mengoptimalkan sosial media ini mesti upgrade selalu yaa..
    Biar gak ketinggalan jaman.

    BalasHapus
  13. Jadi inget miminnya Twitter angkatan laut.. padahal akunnya seru banget.. tapi seperti point ke 5 ya nggak perlu tahu siapa adminnya.. yg Penting akun sosmednya hidup

    BalasHapus
  14. Admin di sosial media sih harus creative banget serta pandai mencari yang lagi hits dan viral untuk dijadikan content sosial medianya. Aku sih melihatnya sangatlah susah tidak gampang menjalankannya

    BalasHapus
  15. Dulu sempet mau bikin akun trivia gitu, yang isinya design-design sederhana berisi quote tentang Islam yang menyentuh kehidupan sehari-hari, eeeh kok bikin design-nya sendiri malah makan waktu yah? Sedangkan saya punya main job yang 8 jam kerja kantoran, akhirnya ga jadi bikin deh

    salut untuk para admin yang konsisten bikin konten apa lagi daily update

    BalasHapus
  16. Butuh kesabaran dan ketelatenan luar biasa besar ya mbak ulya. apalagi dengan banyaknya akun identik yang bertebaran mbak. Konsisten dan disiplin memang wajib.

    BalasHapus
  17. Memang harus total ya mom, harus kreatif dan rajin mencari hal apa saja yang lagi viral untuk dibuat konten, tentu saja konten yang positif ya.

    BalasHapus
  18. ingin sekali bisa menembus 11k :D tapi kenyataan saya 2k aja udah susahh hihihi tapi memang konten yang terpenting ya mba, saya memang belum kuat dalam masalah konten, terima kasih ya mba sharingnya :D

    BalasHapus
  19. mbak haiulya aku setuju banget dengan tips original nya dan kreatif. terkadang follower senang kalo ada sisi personal dari sebuah akun.

    BalasHapus
  20. Jadi admin media sosial brand atau lembaga tertentu itu kadang melelahkan Mom. Tau sendiri kan netizen Indonesia itu maha benar dengan segala komentar nya hahahaa

    BalasHapus
  21. Kerenn iniihh...

    Bisa banget diterapkan buat personal branding.
    Jadi dari pada tidak sadar posisibkan lebih baik, branding juga di akun lain untuk diri sendiri hehehe

    BalasHapus
  22. Wuih, seru. Pastinya ya nambah pengalaman dan wawasan. Terus juga jadi bahan buat ngembangin medsos personal.

    BalasHapus
  23. aku pernh disuruh jadi admin, ambil beberapa waktu, ternyata gak semudah itu ferguso, saya pun undur diri, fiuhh. Jadi admin butuh konsistensi yang tinggi serta totalitas

    BalasHapus
  24. Nah, orisinil itu bikin kita jadi diri sendiri ya. Kadang ketahuan sih siapa adminnya bisa dilihat dari kontennya,misal font atau caption-nya.

    BalasHapus
  25. Sibuk Bener ini y mba pastinya mantengin terus medsos gk sih? trs hrs kratif bikin content

    BalasHapus
  26. Terima kasih mba atas sharing nya, aku sih belum pernah jadi admin medsos untuk sebuah perusahaan atau indovidu personal orang lain. Aku baru jadi admin untuk akun media sosial usaha aku sendiri tapi 5 tips ini bermanfaat banget untuk aku. Walau akun yg aku kelola adalah akun medsos usaha aku sendiri tapi ketika memanage nya aku perlu banget memposisikan sebagi orang lain, agar lebih kreatif

    BalasHapus
  27. Untuk poin #2, bagaimana dengan akun yang isinya gado-gado seperti punya saya?

    BalasHapus
  28. Aku konsisten yng paling PR banget nih mbak kadang malas datang sering banget hahaha. Perlu dibuat jadwal gitu kali ya mbak . Biar lebih rajin dan konsisten

    BalasHapus
  29. Kalau aku ngatur feed itu yang lumayan susah, hehe. Tapi sebulan ini berhasil alhamdulillah

    BalasHapus
  30. Asli jepara mbak? Wah, yanh aku kenal dari jepara cuma kerajinan kayunya, penasaran eui kotanya kayak apa.

    Aku belum pernah jadi admin medsos, tapi pengalamannya mengumpulkan follower sampai 11k itu keren banget loh

    BalasHapus
  31. aaaah info ini yang kucari2, makasih tipsnya ya mba

    BalasHapus
  32. Zaman skrng kyknya admin media sosial dituntut bisa apa aja ya mbak. Terutama ngikutin trend dan berita2 yg ngehits supaya konten2nya kekinian dan upadte terus :D

    BalasHapus
  33. Orisinil..Hmm noted!
    Terima kasih tipsnya, meski belum berkeinginan jadi admin sosmed pihak lain tapi paling tidak bias dipraktekin di akun sendiri:)

    BalasHapus
  34. tips oke bgt kakaaa... satu lagi membangun akun juga hrs konsistensi ya...poin 1-4 bisa dipraktekkan di akun sendiri nih..... tfs

    BalasHapus
  35. Aku pernah loh jadi admin medsos dan enjoy banget pas awal-awal tapi lama-lama bosen juga. Jadi admin harus konsisten dan teratur ya. Biar media sosial tetap jalan

    BalasHapus

Udah selesai bacanya?
Komentar yuk, siapa tau isi hati kita sama :)