3 Ide Usaha Sampingan Untuk Mahasiswa

by - 21 Desember



3 Ide Usaha Sampingan Bagi Mahasiswa - Menjadi mahasiswa adalah momen yang paling penting dalam hidup. Banyak hal baru yang bisa didapatkan dengan cara menjadi mahasiswa. Banyak pula pengalaman baru yang didapatkan. Ini benar adanya lho, no tipu tipu. Nyatanya sampai sekarang aku masih betah menjadi mahasiswa (please bagian ini jangan ditiru).

Meskipun begitu, bukan berarti dengan tak menjadi mahasiswa akan ketinggalan zaman dan tertinggal dari yang lain? Jelas tidak. Banyak sekali pengalaman non akademis lainnya yang bisa didapatkan di luar bangku perkuliahan. 

Banyak sekali alasan kenapa tidak kuliah dan begitu pula banyak sekali alasan kenapa harus kuliah. Keduanya beda tipis dan dipengaruhi oleh latar belakang keluarga dan masyarakat masing-masing. Namun, mayoritas masyarakat di Indonesia memiliki kecenderungan tak melanjutkan pendidikan karena alasan finansial.

Alasan klasik namun benar adanya. Meski dikatakan murah, bersubsidi, banyak beasiswa, nyatanya tetap harus merogoh kocek cukup dalam. Setidaknya untuk membuka jalan meskipun nantinya akan digantikan dengan uang beasiswa yang cairnya menunggu panas terik berkepanjangan.

Oleh sebab inilah, banyak yang memilih langsung bekerja setelah lulus SMA. Mengumpulkan uang sendiri untuk biaya kuliahnya atau untuk hal lainnya.


Bagaimana dengan mahasiswa? Tak bisakah ikut bekerja?


Tentu saja bisa, malah bisa banget. Jaman sekarang tak ada lagi istilah mana mungkin?, masa sih? Atau emang bisa?. Semuanya bisa dipatahkan jika kamu memang punya semangat baja untuk memulai usaha.


Sebagai mahasiswa, waktu belajar yang dimiliki tentu lebih fleksibel dibandingkan saat masih sekolah. Waktu senggang yang dimiliki inilah aset terbesar mahasiswa yang perlu dimanfaatkan sebaik-baiknya. Untuk apa? Yap, memulai usaha. Usaha apa? Aku ngga bakat jualan, ngga punya modal juga.

Hei hei..  Jangan galau deh.  Simak deh beberapa ide yang aku miliki berikut ini:

1. Membuka Online Shop

Ide pertama ini sebenarnya bisa juga dilakukan oleh siapapun. Asal memiliki niat dan tekad yang kuat untuk membuk usaha, silakan dan tentu boleh saja. Usaha simpel bermodal smartphone ini adalah ladang uang menjanjikan bagi yang siap menekuni. Manfaatkan jaringan pertemanan yang kamu miliki untuk memulainya.

2. Membuka Jasa Ketik Tugas

Dunia perkuliahan tentu tak lepas dari tugas. Meski agak ilegal, jasa ini cukup banyak dicari. Dulu aku sendiri pernah membuka jasa Ketik Online dan responnya cukup baik. Namun karena kendala tenaga, maka terpaksa aku hentikan dan beralih ke bidang yang lain.

Usaha dengan modal smartphone dan laptop ini cukup bagus, lho. Kamu bisa menggandenga teman-teman dari berbagai bidang untuk menjadi partnermu dalam menyelesaikan job klien. Atau cukup lakukan sendiri saja dulu, pasti bisa! Tinggal ketik apa susahnya?, yha kan??!

3. Membuka Katering Makan Anak Kos

Nah, ini dia. Ide ini benar-benar ide fresh yang baru muncul saat aku buat artikel ini.

Usaha ini cocok untuk kamu yang tinggal di kos dengan fasilitas cukup lengkap seperti dapur dan kulkas. Sistemnya, kamu tak perlu menyediakan banyak menu. Cukup share ke teman kosmu bahwa esok atau lusa kamu akan memasak makanan tertentu, misalnya sayur asam, opor ayam atau semur ikan. Tawarkan pada mereka bahwa kamu menerima pesanan dengan menu tersebut.

Baca ini juga ya : Cerita Tentang Cita-cita

Jangan lupa kompori mereka bahwa masakanmu lebih enak, lebih higienis dan lebih murah dibandingkan masakan warung. Menu yang kamu buatpun bisa diubah sesuka hatimu setiap harinya. Jika ada yang pesan banyak, maka masaknya banyak. Jika yang pesan sedikit, cukup disesuaikan saja. Mudah, bukan?

Nah, itu tadi beberapa ide usaha sampingan dariku. Semoga bermanfaat, ya!
Happy blogging!







You May Also Like

53 komentar

  1. Idenya keren mom, cukup simpel, tinggal kitanya semangat dan nekat memulai usahanya sekarang juga!

    BalasHapus
  2. Kalau blogger itu usaha bukan ya, hihii bisa juga buat mahasiswa dan hasilnya jg lumayan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa juga mbak, tapi kalo masih membangun kayaknya kok kurang bisa diharapkan.

      Hapus
  3. Kalo aku dulu pas jd mahasiswi, jual kue2 kering di kampus buat tambahan uang makan sehari2. Soalnya kalo gak gitu, mana cukup dg cuma ngandalin uang saku dr orang tua. Ketahuan kalo aq tergolong sobat misqueen banget ya hahaaha

    BalasHapus
  4. Haduuhhh, saya malah baru ngeh cari uang setelah gak jadi mahasiswa, eh tapi karena saya jadi mahasiswa di jaman yang gak semudah sekarang sih *alesaaann wkwkwk
    Tapi emang iya ya, zaman sekarang sebenarnya banyak hal yang bisa dilakukan mahasiswa buat menambah uang jajan.
    Kalau online shop gak suka jualan, bisa loh terima jasa ketik, secara zaman now orang2 pada sibuk, dengan senang hati tuh banyak yang makai jasa ketik.
    Apalagi jasa buat skripsi *eh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah,, betul tuh mbak. Memanfaatkan kemalasan orang lain deh judulnya, hehe.

      Hapus
  5. Mungkin beberapa jurusan masih bisa nyambi jualan atau terima jasa tapi kalo jurusannya yg laporan tulis tangan sepekan 3x kayanya angkat tangan krn laah laporan aja selesai apa ga belum pasti. Tapi emang sih kalo udah jadi mahasiswa tu keinginan untuk mandiri selalu lebih kuat daripada pas SMA jadi kadang lebih kreatif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak, mahasiswa udah ngeh nggak mau nyusahin ortu. Beda sama sma yang banyakan masih suka leha-leha.

      Hapus
  6. Menarik idenya. Yang nomor 1 lumayan tuh, minim risiko. Yang nomor 2, risikonya bakalan ada tawaran untuk sekalian ngerjain tugasnya, gak cuma ngetik aja. Dan nomor 3 butuh modal dan waktu yang lumayan. Mengingat masih mahasiswa dana terbatas, dan waktu yang juga terpakai untuk ngerjain tugas kuliah diri sendiri. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo nomor 2 minta dikerjain tugasnya, harganya naikin aja. Biar cepet kaya. Hehehe

      Hapus
  7. Pilih no 2 aja saya..tapi bukan jasa ketik..tapi jasa bikin tugas..#eh boleh enggak ya
    Kalau dulu saya sering ikutan jaga pameran atau telemarketing part time

    BalasHapus
  8. akuu pernah nomer 3! haha bangga yak. dulu gak perlu masak, aku sistemnya nyari tukang masak, yang nganter2 baru aku dan teman2ku. lumayan lho kalo diseriusin bisa buat tambahan ajan nongktong ama pacaran wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, bisa gitu juga ya. Jadi tim marketing warung makan. Hehe

      Hapus
  9. Waktu masih sekolah, saya gak boleh kerja sampingan sama orang tua. Gak kepikiran juga untuk jualan online karena dulu kan belum jaman digital. Makanya sekarang saya salut dengan anak muda, termasuk mahasiswa, yang pendidikan jalan sekaligus juga ada kerja sampingan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beruntung sekali mbak bisa seperti itu. Sudah ada jalan masing-masing.

      Hapus
  10. Aku cuma lulusan SMK aja nih, jadi belum pernah tahu bagaimana rasanya menjadi mahasiswa.Aku juga bikin online shop untuk penghasilan tambahan. Kadang juga jualan pulsa biar penghasilan makin banyak. Hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama aja kok mbak kaya zaman sekolah. Cuma agak kompleks aja, hehe.

      Hapus
  11. dulu aq waktu masih kuliah, gak kepikiran deh mbak punya usaha. dan ku menyesal sekarang, insting bisnisnya kurang terasah. kalau berandai-andai aq pengen tuh nyoba jasa pengetikan, mayan bisa ngetik cepet dengan 10 jari, dapat bayaran lagi, hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang nggak semua orang bisa kaya gitu kok, Mbak. Bawaan bakat juga.

      Hapus
  12. Jualan itu ide yang paling simpel dan gampang gampang susah. Dulu aku suka banget dagang. Apa aja aku dagangin mau online/offline. Akhirnya sampai sekarang terus aja dagang. Haha

    BalasHapus
  13. wehehe aku sering bikin usaha sampingan jajanan & jasa print buat temen2 kosan pas aku lagi nyari dana buat acara kampus, kak. Bisa banget asal konsisten :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, keren mbak. Lumayan buat pendanaan ya mbak :)

      Hapus
  14. Wah keren banget ini. Aku waktu jadi makasiswa nggak kefikiran buat buka ide usaha gini, malah masih minta aja sama orangtua... bagus juga idenya but share ke adikku yang mau kuliah nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, kadang keadaan yang bikin beda mbak

      Hapus
  15. Sekarang asal kreatif dan mau berusaha pasti bisa dapat penghasilan ya mom.. jamanku kuliah dulu internet belum kaya sekarang, belum ada smartphone dg segala kemudahannnya. Cari sampingan dg kerja di McD, tapi seru juga sih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, betul banget. yang penting niat aja sih.

      Hapus
  16. Jadi inget zaman masih kuliah dulu, nyari duit sampingan dengan bikin kue gitu tapi gak banyak jumlahnya yang penting ada uang jajan sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, keren banget ya mbak bisa jajan pake uang sendiri.

      Hapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  18. membuka online shop itu yang paling mudah asal tau barang mana yang bisa banyak peminatnya. karena punya temen temen di kalangan mahsiswa juga.

    BalasHapus
  19. Aku banget waktu dulu pernah buka online shop hehehe cuman sekarang udah ga diterusin lagiiii. Fokua ngeblog dulu hihi

    BalasHapus
  20. Saya dulu jaga warnet dan buka jasa ketik
    Alhamdulillah bisa jajan juga meski dengan keterbatasan uang saat kuliah dulu

    BalasHapus
  21. aku bukan anak kuliahan sih mbak. tapi pas masih sekolah dulu sempet usaha sampingan kek gitu. yg jasa ketik itu. temen2 sekolah nitip.. bayar yaa secukupnya wong sama2 masih sekolah hehehe.. lumayan buat tambahan beli buku atau keperluan sekolah lainnya ... jadi kangen masa sekolah lagi aku

    BalasHapus
  22. klo katering kyknya skrg udah bisa gofood ya, eh iya enggak sih?

    BalasHapus
  23. Kalau saya dulu pas jadi mahasiswa buka bisnis pulsa di kampus, pelanggannya ya teman2 sendiri.

    BalasHapus
  24. Saya salut dengan mahasiswa yang kreatif,,tidak hanya fokus mengejar ilmu dan menyelesaikan kuliah tetapi sekaligus bisa berusaha untuk mencukupkan kebutuhan sendiri

    BalasHapus
  25. Menarik mbak. Kalau saya dulu sih pas kuliah buka usaha jasa instal laptop, hahahaha. Lumayan lah bisa bantu buat biaya makan, kalau dulu jasa ketik sih pernah kepikiran, tapi nyerah karena capek, akhirnya sambilan kuliah, jadi OP Warnet plus Usaha jasa Instal laptop/Komputer, hahahaha.

    BalasHapus
  26. wahhh... yang paling cocok buat aku sepertinya jualan bikin katering buat mahasiswa. untuk beberapa kita sepertinya bisnis yang menjanjikan banget nih. Murah, banyak, enak... pasti laku keras

    BalasHapus
  27. Online shop bagus tuh kaykanya mbak, mereka kan bisa kirim-kirim paket di sela kuliah dan komunikasi dengan pelanggan melalui hp aja, jadi bisa mobile gitu

    BalasHapus
  28. Mahasiswa emang harus berbisnis, sih, lumayan buat belajar cari duit dan bersyukur.

    Lagi mau berjalan, nih, usaha sampingan online shop, bisa diikuti dulu instagramnya, hehe: @kaki.shoestore AJIMUMPUNG. :D

    Dari ketiga itu pernah ngelakuin yang jasa ketik tugas. Lumayan euy kalo buat blogger mah yang biasa ngetik cepet. Kerjanya cuma berapa menit hasilnya lumayan. :D

    BalasHapus
  29. Aku juga lagi pertimbangkan jasa ketik tugas, sih. Lagian, aku belum begitu mampu untuk buka bisnis online shop atau mungkin titip paket dari luar negeri gitu.

    BalasHapus
  30. Boleh juga idenya, mumpung aku agak bisa masak. Tapi bukan mahasiswa, hahaha. Paling gampang jasa ketik tuh, kayanya

    BalasHapus
  31. Pas dulu masih kuliah, buat nambah uang bekal sehari-hari di perantauan, ikutan jualan MLM produk tas, hehehe lumayan lho, dijualnya dengan cara kredit

    BalasHapus
  32. Haduuuu kalau buka katering buat anak kos kayaknya aku enggak deh. Lahwong aku gak masak ya. Daripada masak mending waktuku kupake buat belajar, haha. Jadinya gak kepikiran nasi di magiccom elum habis, beli sayur apa, dll.

    Kalo aku siiih... Usaha sampingannya atau cari duitnya ya lewat blog ini sih

    BalasHapus
  33. Benerrr... jaman sekarang tuh peluang usaha buat kita semua dan khususnya mahasiswa banyak banget sebenernya. Kalau aku dulu jaga wartel (ketauan umur, hahaha..), jaga rental komputer (ngetik), dll. Nah kalau sekarang buka jasa ngetik bisa onlen, jualan onlen, kalau mau usaha offline bisa jualan apa kek sama temen-temen, dan masih banyak lagi... oh iya, bisa juga ngeblog :D

    BalasHapus
  34. Kalau zamanku mahasiswa dulu aku jualan majalah, buku, dan buka jasa les privat. Mayan buat nambah2 uang saku :D
    rus aku beli hape pertamaku dr hasil ngajar dnan jual2an itu mbak, sayang hapenya dicopet hiks

    BalasHapus
  35. Zaman kuliah, aku juga buka usaha jasa ngetik sama dua orang teman. Kadanga2 sampe mata pedes bacain tulisan senior2 yang kek sandi rumput hahahaha

    BalasHapus
  36. yeeep harus kreatif jadi mahasiswa karena disini perjuangan bukan hanya belajar tapi harus cukup dengan dana pas-pasan, so harus bisa mengelola dan mencari tambahan. Salut dengan mereka yang berusaha sampingan namun dengan kuliah yang lancar juga!

    BalasHapus
  37. Yg punya side job jadi tukang ketiketik saat jaman aku kuliah bnyak, kalo ada tugas dan mles langsung aja hub mereka. .Hheee
    Dlu onlineshop blm terllau booming ,jdi jarang dlirik

    BalasHapus

Udah selesai bacanya?
Komentar yuk, siapa tau isi hati kita sama :)