3 Persiapan sebelum membuka Bimbel

by - 04 Juni

3 Persiapan sebelum membuka Bimbel - Seperti yang saya tulis di artikel ini, salah satu jenis usaha yang dapat ditekuni dari rumah adalah membuka les baca yang bisa dilebarkan jadi bimbel atau Bimbingan Belajar atau Les Privat. Seiring berjalannya waktu, jasa Bimbingan Belajar kian diminati mengingat kebutuhan masyarakat akan jasa tersebut.

Selain itu, banyaknya sumber daya manusia berkualitas yang memilih berkarir dari rumah membuat usaha ini banyak dilirik karena cukup simpel. Selain itu, persiapan yang dibutuhkan pun tak banyak. Cukup memanfaatkan barang-barang yang ada di sekitar rumah saja. Berikut akan saya bahas persiapan apa saja yang dibutuhkan untuk membuka Les Privat atau Bimbel.

1. Tempat
Hal pertama yang perlu disiapkan adalah tempat. Tak perlu tempat yang luas, yang penting nyaman. Dalam hal ini bisa memanfaatkan ruang tamu, teras rumah atau garasi rumah. Cukup dirubah sedemikian rupa agar bisa menampung murid, saya rasa sudah cukup.

Sebagai contoh, di Les Baca Ahe Jepara Regency yang saya kelola hanya memanfaatkan ruang tamu ukuran 3x2m. Dengan sistem pelayanan individual, tempat ini sudah lebih dari cukup. Adapun untuk Bimbel, kami biasa memanfaatkan teras sebagai tempat tambahan.

2. Sarana Prasarana
Selayaknya tempat belajar, tentu membutuhkan alat-alat pendukung proses belajar seperti Papan Tulis, Meja, buku modul dan lain sebagainya. Untuk sementara cukup persiapkan 1 buah papan tulis dan beberapa meja belajar. Fleksibel saja, jumlahnya dapat disesuaikan dengan jumlah murid pertama terlebih dahulu. Untuk modul, dapat dipelajari sambil jalan sambil sementara mencari beberapa referensi di buku ajar maupun di internet.

3. Media Promosi
Jika persiapan dirasa sudah cukup, maka saatnya melakukan promosi. Promosi dapat dilakukan secara konvensional dari mulut ke mulut maupun secara modern dengan memanfaatkan sosial media. Sosial media terbukti mampu menjadi perantara antara penyedia jasa dengan objek promosi kita. 

Di Ahe Jepara Regency sudah memaksimalkan sosial media sebagai media promosi dan hasilnya cukup efektif. Beberapa orang tua murid yang mendaftar mengaku mendapatkan info dari media sosial.


Nah, inilah 3 Persiapan sebelum membuka Bimbel. Semoga bermanfaat. 😍😍😍


You May Also Like

0 komentar

Udah selesai bacanya?
Komentar yuk, siapa tau isi hati kita sama :)